Cara Mencuci dan Merawat Jilbab

Cara Mencuci dan merawat Jilbab

Sebagian orang memanglah berbeda-beda dalam mencuci dan merawat jilbab, namun anda perlu memperhatikan dan memilih cara terbaik untuk merawat hijab anda. Ada beberapa Tips dan Trick merawat hijab kesayangan anada agar tetap awet dan tahan lama. Banyak hal yang perlu anda perhatikan, dari mencuci, menjemur, menyeterika, dll.

Kami mempunyai beberapa Tips Jitu untuk mencuci dan merawat jilbab anda , yaitu langkah yang harus dilakukan :

merawat dan mencuci jilbab
mencuci dan merawat jilbab

1. Cuci jilbab anda menggunakan tangan.

Hindari mencuci jilbab anda menggunakan mesin cuci karena mesin cuci akan merusak serat kain jilbab anda. Hindari pula mencuci jilbab dengan menggunakan sikat. Karena akan mengakibatkan jilbab anda menjadi berbulu.Namun apabila jilbab anda sudah terlanjur berbulu hilangkan bulu dari serat jilbab anda dengan menggunakan pisau cukur atau menggosoknya dengan bagian kasar dari spons pencuci piring.

2. Mulailah mencuci jilbab dengan merendamnya terlebih dahulu.

Rendam jilbab anda selama kurang lebih 15 menit. Jangan merendam jilbab hingga lebih dari 1 jam karena akan merusak serat kain hijab anda.
Rendamlah jilbab anda kedalam larutan detergen, jangan langsung menuangkan detergen pada hijab anda atau merendam jilbab anda dengan larutan pemutih. Hal tersebut dapat menyebabkan jilbab anda luntur sebelum dicuci.
Selain itu pisahkan jilbab yang berwarna gelap atau jilbab yang mungkin akan luntur apabila dicuci dengan jilbab yang yang berwarna cerah. Hal tersebut untuk menghindari jilbab agar tidak kelunturan.

3. Mengucek jilbab menggunakan tangan.

Kuceklah jilbab anda dengan lembut agar tidak merusak kain jilbab .Apabila jilbab tidak kotor cukup direndam saja tidak perlu dikucek.
Bila jilbab anda memiliki bergo, cukup mengucek bergo perlahan saja dan hilangkan air dari bergo tersebut dengan menekan nekan perlahan menggunakan telapak tangan.

4. Menjemur jilbab
Ketika anda akan menjemur jilbab anda hindari terkena sinar matahari secara langsung, agar jilbab anda tidak mudah luntur. Cukup jemur jilbab anda dengan cara diangin anginkan saja.Hindari pula menjemur jilbab anda menggunakan jepitan karena nantinya akan merusak jilbab anda saat kering. Sebaknya gunakan hanger plastik, hindari menggunakan hanger besi karena apabila berkarat akan menimbulkan bekas pada jilbab anda.

5. Menyeterika jilbab
Ketika anda akan menyeterika jilbab, pisahkan terlebih dahulu antara jilbab berbahan tebal dan tipis. Seterika terlebih dahulu jilbab tipis dengan temperature yang tidak terlalu tinggi agar tidak merusak serat kain. Setelah itu baru anda menaikkan temperature seterika dan menyeterika jilbab yang berbahan lebih tebal. Untuk jilbab anda yang memiliki bergo, bagian bergo sebaikknya tidak perlu diseterika. Karena bagian bergo beisi busa yang sensitif dengan temperature yang tingi.

6. Menyimpan jilbab
Simpanlah jilbab anda dengan menggunakan hanger kusus agar tidak kusut ketika akan dipakai, atau mungkin anda bisa menyimpannya dalam lemari namun jangan anda tumpuk dengan pakaian anda, letakkan di tempat tersendiri.

About the author: admin

5 comments to “Cara Mencuci dan Merawat Jilbab”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. Siska TM - December 12, 2017 at 7:28 am Reply

    Bermanfaat bgt kak. Makasih infonya^^

  2. ira - December 14, 2017 at 4:35 am Reply

    makasih tipsnya, sangat bermanfaat..

  3. Zum - December 15, 2017 at 2:07 am Reply

    Makasih aku jadi tau cara nyuci biar gak rusak jilbabnyaa ehehe

  4. Restu - December 15, 2017 at 2:28 am Reply

    Bagus artikelnya. Jadi tau merawat jilbab. Thankyou

Leave a Reply

Your email address will not be published.